Minggu, 05 April 2009

Transistor bipolar & Transistor unipolar

TRANSISTOR BIPOLAR DAN UNIPOLAR
1.Transistor Bipolar(Bipolar Junction Transistor /BJT)
Adalah suatu komponen aktif yang dibuat dari bahan semi konduktor dan memiliki dua sambungan kutub.
Transistor Junction mempunyai dua macam pembawa muatan yaitu elektron bebas pada daerah N dan hole(arus) pada daerah P,oleh karena itu transistor junction disebut juga transistor dua kutub(Bipolar)

MACAM –MACAM TRANSISTOR BIPOLAR
1.PNP (colector mendapat kutub negatif,emitor mendapat kutub positif)
2.NPN(colector mendapat kutub negatif,emitor mendapat kutub positif)
Tansistor NPN mempunyai dua junction yaitu junction antara emitor dan basis serta junction antara basis dan colector (junction adalah persentuhan antara kedua jenis). Oleh karena itu transistor bersifat seperti 2 dioda yang terminal positif / negatif berdempet,sehingga ada 3 terminal yaitu: emitor (E),Colector(C), basis(B).
Sdangkan transistor PNP adalah kebalikan dari NPN khususnya untuk karakteristik arus dan tegangannya.
Dalam BJT arus listrik utama harus melewayi satu daerah / lapisan pembatas yang disebut ‘Depletion Zone’, dan ketebalan lapisan ini dapat diatur dengan kecepatan tinggi dg tujuan untuk mengatur aliran arus utama terssebut.
Daerah kerja transistor yaitu:
1.Daerah kerja Cut Off
2.Daerah kerja Saturasi
3.Daerah kerja Aktif

TRANSISTOR UNIPOLAR (FET/ FIELD EFFECT TRANSISTOR)
Adalah transistor yang mempunyai satu sambungan kutub
Transistor unipolar dibagi menjadi dua yaitu:
JFET(Junction Field Effect Transistor)
Memiliki kanal P dan N, fungsinya membuat N-channel JFET menjadi sebuah versi solid state dari tabung vakum yang juga membentuk sebuah dioda grid dan katode. Keduanya bekerja di “depletion mode” dan juga memiliki impedansi input tinggi dan menghantarkan arus listrik dibawah kontrol tegangan input.
IGFET (Insulated Gate FET) atau juga dikenal sebagai MOSFET (Metal Oxide Silicon/ Semikonduktor FET)
IGTFET berbeda dg terminal gate,dalam JFET terminal gate membentuk sebuah dioda dg kanal.
FET lebih jauh lagi dibagi menjadi tipe enhancement dan depletion mode menandakan polaritas dan tegangan gate dibanding dg source saat FET menghantarkan listrik. Untuk kedua mode, jika tegangan gate dibuat lebih positif, aliran arus antara source dan drain akan meningkat.Sebagian besar IGFET adalah tipe enhancement mode, dan hampir semua JFET adalah tipe depletion mode.

CARA KERJA FET
Dalam FET arus listrik utama mengalir dalam satu kanal konduksi sempit dg depletion zone dikedua sisinya (dibanding dg transistor bipolar dimana daerah basis memotong arah arus listrik utama). Dan ketebalan dari daerah perbatasan ini dapat dirubah dg perubahan tegangan yang diberikan, untuk mengubah ketebalan kanal konduksi tersebut.

TRANSISTOR SEBAGAI SAKLAR
Transistor yang digunakan sbg saklar harus dalam dua kondisi yaitu:
1.Keadaan jenuh (Saturasi)
NPN akan saturasi apabila tegangan pd kaki basis lebih positif daripada kaki emitor dan arus mengalir dari colector ke emitor
PNP akan saturasi apabila tegangan pd kaki basis lebih negatif daripada kaki emitor dan arus mengalir dari emitor ke colector.
2.Keadaan Cut Off (Sumbat)
NPN akan cut off apabila tegangan pada basis lebih negatif dari pada kaki emitor dan arus tidak mengalir dari kolektor ke emitor
PNP akan cut off apabila tegangan pada basis lebih positif dari pada kaki emitor dan arus tidak mengalir dari emitor kekolektor.

1 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

yuhuuu, bermanfaat sekali
Solder uap